Mengenal Istilah Sontoloyo yang Sebenarnya


Sejujurnya beberapa hari belakangan saya lagi seneng nonton beberapa film dan kartun jadul sekedar buat nostalgia.Salah satu film/sinetron jadul yang saya tonton itu adalah sinetron Jinny of Jinny.Kalo kamu generasi 90an,pasti akrab dengan sinetron yang satu ini.

Sinetron yang mengisahkan jin cantik ini memiliki beberapa tokoh yang cukup iconic,salah satunya adalah Pak Baroto.Pak Baroto yang di perankan oleh komedian (alm) Eko DJ ini sering kali ngelakuin hal hal konyol,mulai dari godain cewek hingga berantem sama anak buahnya si Jaka.

Kalo udah berantem sama si Jaka,Pak Baroto itu sering ngeluarin umpatan pamungkas yang kalo gak salah kira-kira gini"dasar sontoloyo kamu Jek".Buat temen temen mungkin aneh denger istilah sontoloyo.Awalnya saya mengira kata sontoloyo ini artinya brengsek atau kurang ajar.Ternyata dugaan saya sedikit meleset (walaupun gak salah-salah banget juga sih).

Kata Sontoloyo sendiri pada dasarnya merupakan istilah jawa untuk orang yang kerjaanya menggembalakan bebek.Wait,bebek digembalain?yup,bener banget..di Jawa bebek itu gak pernah dikurung,mereka digembalain dari satu sawah ke sawah yang lain.

Biasanya sawah-sawah yang digunakan untuk menggembalakan bebek itu adalah sawah milik warga yang sudah kelar panen.Nah Si Sontoloyo ini akan meminta ijin dari pemilik sawah untuk menginap di sawah yang bersangkutan.Si Sontoloyo ini biasanya juga akan membayar semacam sewa dalam bentuk telur bebek.Jaman kakek saya,para Sontoloyo yang menginap selalu memberikan 2 butir telur bebek setiap hari selama 1 bulan.

Setelah satu bulan biasanya para bebek yang digembalakan para sontoloyo ini akan pergi dengan sendirinya.Nah,tugas para sontoloyo adalah mengikuti kemana para bebek ini pergi.Kalo didaerah kakek saya sendiri,kebanyakan para sontoloyo ini berasal dari daerah Bumiayu hingga brebes.Mereka bisa berjalan begitu jauh hingga sampai ke Banyumas.

Lalu kenapa kata Sontoloyo ini sering menjadi umpatan?setidaknya ada 2 alasan.Pertama,bebek bebek yang dimiliki para sontoloyo ini sering kali memakan tanaman milik warga.Para sontoloyo sendiri tidak bisa melakukan apa apa untuk mengontrol sang bebek.Sedangkan warga yang kesal tanamanya dimakan cuma bisa mengumpat "dasar sontoloyo..!!!".

Alasan kedua adalah karena bebek yang berbaris sering menghalangi jalan.Kalian pasti tahu kan kalo bebek itu hobi banget baris-berbaris.Nah,sayangnya bebek yang baris ini kadang bikin jalanan macet.Sekali jalan,seorang Sontoloyo bisa membawa hingga 100 ekor bebek,kebayang kan betapa panjang barisanya.Akhirnya kalo kamu bawa mobil terus didepan ada bebek yang lagi baris,kamu cuma bisa pasrah dan memaki "dasar sontoloyo..!!!".

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Tokoh Pewayangan bernama Bagong

Kesan Mendalam Nonton Anime Trickster

Kesenian Daerah,Antara Hidup dan Mati