Writer Block? ini solusi mendapatkan kembali Inspirasi..

Terkadang kita bingung harus nulis apa..?saya sering alami ini
   Bagi para penulis nampaknya inspirasi merupakan sesuatu yang paling berharga.Menulis itu seperti sebuah karya seni.

 Ketika Inspirasi menaungi sang seniman,maka hasil karyanya akan menjadi sebuah masterpiece namun jika tidak yaah paling banter jadi pajangan di pinggir jalan (atau bungkus makanan ringan).

Saya pun merasakan hal yang demikian.Meskipun kerjaan menulis di Blog merupakan pekerjaan sampingan,namun saya menjalaninya dengan sungguh-sungguh.Ada kalanya,saya merasa bahwa Inspirasi tidak mengalir dengan baik,kepala pening dan perasaan yang mulai kesal.Itu pertanda anda mengalami Writer's Block.Suatu gejala penurunan kemampuan menulis.

Namun,tenang saja kebanyakan penulis sendiri mengalami hal ini karena kekurangan inspirasi.Oleh karena itu hal yang paling logis dilakukan adalah dengan mencari inspirasi baru.Berikut ini adalah beberapa tips dan trick yang saya lakukan ketika mengalami hal itu.

1.     Duduk  Tenang  Sembari  Ngopi


Terkadang  permasalahan  penulis  ketika  mengalami hambatan menulis  sebenarnya karena otak yang terlalu tegang.Ketegangan ini biasanya  disebabkan  oleh  banyak  hal seperti  deadline menulis yang semakin dekat ,Target menulis yang harus dicapai (misal anda menetapkan target jumlah tertentu ketika menulis).

Terkadang  ketika hal ini terjadi hal simple yang perlu anda lakukan adalah tidak melakukan apapun.Tenangkan pikiran anda,istirahatkan otak  anda  dan nikmati secangkir kopi hangat.Jika anda tidak suka kopi mungkin anda bisa menggantinya dengan secangkir teh hangat dan beberapa cemilan kue.Hal ini membantu saya kembali  tenang  dan membuat  otak saya beristirahat.

2.     Coba Ngobrol dengan Orang Lain

Anda tidak akan pernah tahu inspirasi  akan  datang  dari mana.Saya sendiri sering mendapatkan inspirasi lewat obrolan politik dengan bapak  saya (kebetulan saya juga menulis blog tentang politik disini).Namun,terkadang ketika tegang di Otak karena Writer’s Block ini lumayan parah saya justru menyarankan obrolan ringan lain yang tidak terkait dengan topik tulisan anda.

Mengobrol dengan orang lain memberikan kita inspirasi baru..
Dengan menghindari  topik tulisan  yang  anda buat,obrolan ringan ini bisa membantu anda menemukan persepektif baru terhadap tulisan anda.Obrolan-obrolan ini terkadang membuat anda berpikir Out of the box.Hal ini karena anda sebenarya sedang terpaku dalam suatu perspektif yang mandeg sebelum mengobrol,setelah mengobrol  anda sudah bisa melihat masalahnya dari perspektif yang lain.

3.   Nonton TV dan Baca Berita

Seperti yang sudah saya bilang,cara terbaik untuk mendapatkan inspirasi  adalah dengan mengistirahatkan pikiran anda.Dengan menonton tv,pikiran anda beristirahat  dari mode kerja ketika menulis.Hal ini begitu terasa,dimana ketika anda sedang tidak menulis anda merasa lebih santai.Hal ini jelas karena ketika anda menulis,anda sedang membuat otak anda bekerja dengan keras.

Menonton Tv dengan keluarga adalah obat mujarab..saya percaya itu.
Cobalah tonton acara hiburan seperti lawak OVJ,atau mencoba mencari-cari video humor yang mungkin pernah anda koleksi (saya mengoleksi banyak video humor).Hal ini membantu saya untuk tetap rileks dan segar ketika kembali harus menulis.

Membaca berita online pada dasarnya adalah solusi yang baik.Berita baik di media eletronik ataupun media cetak pada dasarnya merupakan gambaran tentang  dunia.Sesuatu yang  tidak bisa anda alami seluruhnya tapi anda bisa merasakannya dengan membaca berita tentang hal tersebut  di berita.Hal ini akan membantu anda untuk mencari inspirasi baru untuk menulis.

4.     Jalan-jalan

Berjalan-jalan membuat tekanan di otak anda berkurang...
Anda bisa mencari Inspirasi  dengan berjalan-jalan.Saya sendiri lebih menyarankan anda berjalan-jalan sendiri dibandingkan dalam kelompok.Disamping  anda akan lebih mudah terganggu ketika dalam kelompok,anda juga akan lebih sulit menikmati  lingkungan di sekitar anda.

Dengan berjalan-jalan anda bisa mengamati suatu hal yang biasanya anda lewatkan.Melihat kejadian yang mungkin belum pernah anda lihat atau mengalami kejadian yang belum pernah anda alami sebelumnya.Kesemua pengalaman itu akan menjadi inspirasi baru bagi anda untuk menulis.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Tokoh Pewayangan bernama Bagong

Kesan Mendalam Nonton Anime Trickster

Kesenian Daerah,Antara Hidup dan Mati