Pelajaran berharga dari para Singa (Realitas kejam sebuah kesuksesan)

 
      Sore hari itu sebenarnya aku tak sengaja menonton acara National Geo Wild di tv.Untuk beberapa alasan ayahku begitu menyukai acara ini.Beberapa episode awal yang kutonton menurutku cukup lucu.

   Menonton anak penguin yang belajar berenang atau melihat para panda bermain mungkin cukup menghilangkan rasa penat setelah seharian bekerja.Namun tontonan kali ini berbeda.Tontonan kali ini membuatku benar-benar merinding.

      Segmen acara yang kutonton ini nampaknya berjudul Caught in action .Ia merupakan segmen acara di Nat Geo Wild yang berisi rekaman video pendek beberapa tingkah laku hewan yang tidak biasa dan tidak pernah difilmkan sebelumnya.Kemungkinan karena hasil video amatir ini menangkap realitas yang begitu kejam.

   Dari beberapa video hewan yang ditampilkan,ada satu video yang menarik perhatianku.Video ini adalah video tentang dua ekor singa bersaudara bernama Mr T dan Kinky tail.Kedua singa ini adalah penguasa dominan dari sebuah wilayah padang rumput hijau di afrika.Hari itu wilayah mereka diserang oleh seekor singa muda yang agresif.Kedua penguasa wilayah ini mengejar sang singa muda ini.Mereka berkelahi hingga sang singa muda tewas mengerikan dengan bersimbah darah.

    Malam harinya,empat ekor singa muda datang kembali ke wilayah itu.Tidak diketahui apakah keempat singa ini masih kerabat dari singa muda yang mati mengenaskan tadi pagi atau bukan.Namun yang jelas keempatnya telah memasuki wilayah para penguasa.Pasukan singa muda ini terpecah menjadi dua kelompok.Kelompok pertama berkelahi dengan mr T dan kelompok kedua berkelahi dengan Kinky tail.

    Kali ini keadaan nampaknya berbalik,Kinky tail nampak kewalahan menghadapi para singa muda itu.Mengetahui saudaranya terdesak,Mr T berusaha menolongnya namun justru ia harus berhadapan dengan 4 orang singa muda sekaligus.Mr T akhirnya memilih untuk melarikan diri.Sementara itu,Kinky tail yang nampak tidak berdaya terus saja disiksa dan dikoyak tubuhnya hidup-hidup oleh para singa muda itu.Ia akhirnya mati dengan sangat mengenaskan.

    Keesokan harinya,nampak tidak banyak yang tersisa dari Kinky tail selain kepala dan dua buah cakar depannya.Kinky tail sang penguasa telah menjadi makanan burung-burung nazar dan beberapa ekor anjing hutan hari itu.Wilayah itupun telah jatuh ketangan para singa muda.

    Adegan mengerikan itu memberikan beberapa pelajaran berharga bagi kita :

  • Pertama para singa muda itu layaknya kita para generasi muda yang naif.
  • Kedua Para singa tua itu layaknya penghalang kesuksesan yang harus kita hadapi
  • Ketiga Singa muda yang pertama memberikan kita pelajaran bahwa meskipun kita adalah seorang yang kuat,namun terkadang kekuatan kita sendiri tidaklah cukup.
  • Keempat Para singa muda yang datang belakangan membuktikan bahwa kerjasama dan kegigihan mereka adalah kunci kesuksesan mereka mendapatkan wilayah itu.
  • Kelima,Mr T sang singa penguasa yang lari memberikan kita pelajaran bahwa selalu ada saat dimana kita harus melawan dan saat dimana kita harus mundur.
   Pelajaran kejam dari para singa itu memberikan kita contoh paling real tentang bagaimana sebuah suksesi terjadi.Di dunia modern seperti sekarang,esensi pelajaran ini masih ada namun dengan intrik yang berbeda.Namun apapun bentuknya inilah cara mendasar alam untuk mencari penerusnya,tinggal kita memilih berada pada posisi yang mana.Para singa muda yang berjaya,Mr T yang cerdik atau justru kita akan terjatuh menjadi makanan anjing seperti Kinky tail??semua pilihan ada ditangan anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Tokoh Pewayangan bernama Bagong

Kesan Mendalam Nonton Anime Trickster

Kesenian Daerah,Antara Hidup dan Mati