Pembodohan atas nama Kesehatan...

Siapa yang tidak ingin sehat?tentu semua orang ingin sehat dan hidup bahagia (itu juga sebabnya para dokter kantongnya tebal ;p).Mereka yang sakit ingin sembuh,yang sehat sendiri selalu menjaga diri agar tidak sakit.

Begitu takutnya setiap orang pada penyakit nampaknya menjadi salah satu alasan mengapa untuk urusan kesehatan terkadang seseorang bisa menjadi tidak rasional.

Hal ini jugalah yang nampaknya dimanfaatkan oleh sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab untuk memperoleh keuntungan.Kita sebut mereka ini penipu atau scammer,dan sepertinya ibu saya dan beberapa orang di sekitarnya baru mengalami penipuan ini tanpa mereka sadari.Bagaimana cerita ini bisa terjadi?Begini ceritanya...

Saya sedikit lupa kejadian pastinya,namun yang jelas kejadiannya sebelum hari raya Idul Adha tahun ini (kemungkinan tanggal 8 dan 9 September).Ceritanya,karena ibu saya menjabat suatu posisi di desa tempat kami tinggal,ia jadi sering berkumpul dan rapat dengan beberapa warga desa yang lain.Di salah satu pertemuan itu nampaknya ada seorang salesman yang cukup pintar membagi-bagikan air kesehatan.

Ketika saya perhatikan,botol yang dipakai kemasan ini mirip sekali dengan botol kemasan Aqua.Produk air mineral ini sendiri menggunakan Brand Kangen Water (bukan kangen band lho yah,..dan brand ambassadornya juga bukan Andika :P).Yang aneh dari produk sampel ini adalah tidak adanya produsen atau alamat yang jelas dari produsen ini.Tidak ada keterangan komposisi (awalnya saya berpikir mereka memasukan zat-zat tertentu di dalam air namun nyatanya tidak).

Kecurigaan saya bertambah,saya pun mencari-cari informasi tentang produk ini di internet.Setelah googling sana sini,akhirnya saya menemukan beberapa artikel mengenai masalah kangen water ini.Ternyata nama kangen sendiri tidak bermakna rindu atau produksi dari band "keren" yang digandrungi banyak bocah ababil itu.Ternyata produk ini adalah produk air alkali.

Air alkali sendiri (bukan nama/isi baterai) merupakan air yang mengalami proses elektrolisis untuk dibuat menjadi basa.Kenapa air ini dibuat menjadi basa?alasannya gini,menurut penelitian mereka air yang mengandung ph tinggi (8 keatas)/Basa memiliki kemampuan untuk menyehatkan tubuh.Cara penyehatan tubuhnya bermacam-macam (saya bukan dokter) tapi yang jelas air ini berguna untuk membuang racun dalam tubuh dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh.

Namuun,ada yang mengganjal dalam pikiran saya.Jika permasalahan terletak pada tingkat keasaman yang tinggi pada air sehingga ia perlu dibuat basa agar menjadi sehat maka pertanyaan selanjutnya adalah "Bukankah air liur (enzim amilase) dan Lipase (dalam pencernaan) sendiri pada dasarnya adalah enzim yang memecah makanan menjadi bentuk yang bersifat asam?lalu apa fungsinya kita meminum air basa jika toh ketika masuk lambung tetap asam?".

Klaim detoksifikasi yang diklaim oleh para salemannya ini juga membuat saya sedikit tertawa,Kenapa?permasalahanya adalah setiap air pada dasarnya memiliki kemampuan itu.Permasalahanya seringkali sebenarnya terletak pada kebiasaan kita sendiri yang kurang minum air setiap harinya.lalu masihkan air seperti yang dipromosikan itu berkhasiat?hal ini membuat saya menjadi gundah.

Namun nampaknya saya tidak sendirian dan kegundahan saya ini tidaklah tanpa dasar.Banyak bukti ilmiah yang mendukung klaim ini.Mereka bersepakat bahwa Air kangen sendiri tidak memiliki khasiat seperti yang diklaim oleh para salesmannya.Banyak juga yang terlanjur untuk membeli air ini.Jujur,menurut saya harga air ini terlalu mahal dan sangat mungkin berbau penipuan.Anda bayangkan,untuk ukuran galon kecil (yang paling berisi 3 liter air) ibu saya rela membayar sekitar 50 ribu perak (padahal dua botol besar aqua paling tidak sampai 10 ribu perak).

Pelajaran apa yang bisa kita petik dari peristiwa ini?jujur,ibu saya bukanlah seorang yang bodoh.Ia adalah seorang yang berpendidikan tinggi dan bekerja dengan rasio dan pengetahuannya itu.Tapi untuk masalah yang berbau kesehatan nampaknya rasio dan logika harus mengaku kalah pada hasrat ingin sehat.Dari peristiwa ini saya cuma ingin menghimbau kawan-kawan disini agar tidak terkena modus yang sama.Terimakasih.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Tokoh Pewayangan bernama Bagong

Kesan Mendalam Nonton Anime Trickster

Kesenian Daerah,Antara Hidup dan Mati