Iklan Sekarang udah Keterlaluan..!!
Ngomongin iklan,gue jadi keingetan pas jaman bocah dulu.Kalo
hari minggu,dulu kerjaanya nonton didepan TV liat kartun dari pagi sampe
siang.Hal yang paling nyebelin pas nonton kartun waktu itu adalah ketika lu
lagi seru-serunya nonton tiba-tiba ada iklan lewat..damn,itu ngerusak suasana
banget.
Iklan jaman gue dulu bocah (sekitar pertengahan 90an),udah
bisa dibilang luar biasa.Kalo lu nonton anime yang panjangnya sekitar
24 menitan,iklanya bisa numpuk ada 10 biji.Durasi anime yang tanpa iklan itu kalo
ditambah iklan mungkin bisa sampe 30 menit (artinya iklanya untuk 1 kartun/anime adalah 6 menit).
Tapi,dulu gue masih maklum bagaimana iklan itu menjadi
sumber penghasilan bagi stasiun tv yang nyiarinya.Namun,keadaan
sekarang,menurut gue udah kebangetan bener.Kenapa gue bilang kebangetan?karena
porsi iklan itu semakin lama semakin gak terkontrol.
Kalo dulu iklan cuma tayang disela-sela acara,sekarang iklan
itu masuk juga kedalam acaranya.Bayangin,lu lagi nikmatin nonton sinetron
tiba-tiba ditengah-tengahnya ada baliho (jadi kayak semacam background) yang
nampilin iklan produk tertentu.Kadang yang lebih kebangetan lagi,mereka
terang-terangan promosiin tuh produk dengan mencampurkanya didalam alur cerita.
Seriusan,gue gak mau njelek jelekin dunia sinematography di
Indonesia.namun kalo caranya gini,apa gunanya ente bikin cerita yang berkualitas?Pada akhirnya kualitas cerita
sinetron-sinetron ini bukan makin bagus,namun semakin amburadul karena
dicampuri dengan pesan sponsor.
Sejujurnya,ide tentang memasukan produk kedalam cerita itu
bukanlah hal baru.Waktu jaman gue kecil dulu,ada semacam serial yang judulnya
Saras 008.Nah,kode 008 sendiri sebenarnya adalah kode SLI (Sambungan Langsung
Internasional).Kalo gak salah ini sponsornya Telkom deh,.tapi meskipun
gitu,telkomnya gak bener-bener masuk kedalam cerita juga.
Mungkin,pesan sponsor di serial Saras 008 mulai sedikit
kentara ketika muncul superhero baru yaitu si Milkyman.Milkyman sendiri,itu
yang nyeponsorin kalo gak salah adalah produk brand susu dan yang jadi
pemeranya itu si mas Agung Hercules.Nah disini mulai deh,bisikan sponsor
menguat.Meski terang-terangan,namun belum sebrutal sekarang yang langsung sebut
merek.
Yah,intinya gue sendiri gak terlalu anti dengan iklan.Tapi
para penyedia iklan mbok ya jangan nyerobot masuk ke acara.Kalo acaranya semua
isinya iklan trus apa bedanya sama stasiun tv sebelah yang semuanya full
iklan?(btw ngomong stasiun tv sebelah,gue jadi inget dulu juga ada stasiun tv
yang nyampurin acara sama infomercial..tapi gue gak sebut ah,ntar marah :P)
Komentar