Iklan Sekarang udah Keterlaluan..!!


Ngomongin iklan,gue jadi keingetan pas jaman bocah dulu.Kalo hari minggu,dulu kerjaanya nonton didepan TV liat kartun dari pagi sampe siang.Hal yang paling nyebelin pas nonton kartun waktu itu adalah ketika lu lagi seru-serunya nonton tiba-tiba ada iklan lewat..damn,itu ngerusak suasana banget.

Iklan jaman gue dulu bocah (sekitar pertengahan 90an),udah bisa dibilang luar biasa.Kalo lu nonton anime yang panjangnya sekitar 24 menitan,iklanya bisa numpuk ada 10 biji.Durasi anime yang tanpa iklan itu kalo ditambah iklan mungkin bisa sampe 30 menit (artinya iklanya untuk 1 kartun/anime adalah 6 menit).

Tapi,dulu gue masih maklum bagaimana iklan itu menjadi sumber penghasilan bagi stasiun tv yang nyiarinya.Namun,keadaan sekarang,menurut gue udah kebangetan bener.Kenapa gue bilang kebangetan?karena porsi iklan itu semakin lama semakin gak terkontrol.

Kalo dulu iklan cuma tayang disela-sela acara,sekarang iklan itu masuk juga kedalam acaranya.Bayangin,lu lagi nikmatin nonton sinetron tiba-tiba ditengah-tengahnya ada baliho (jadi kayak semacam background) yang nampilin iklan produk tertentu.Kadang yang lebih kebangetan lagi,mereka terang-terangan promosiin tuh produk dengan mencampurkanya didalam alur cerita.

Seriusan,gue gak mau njelek jelekin dunia sinematography di Indonesia.namun kalo caranya gini,apa gunanya ente bikin cerita yang  berkualitas?Pada akhirnya kualitas cerita sinetron-sinetron ini bukan makin bagus,namun semakin amburadul karena dicampuri dengan pesan sponsor.

Sejujurnya,ide tentang memasukan produk kedalam cerita itu bukanlah hal baru.Waktu jaman gue kecil dulu,ada semacam serial yang judulnya Saras 008.Nah,kode 008 sendiri sebenarnya adalah kode SLI (Sambungan Langsung Internasional).Kalo gak salah ini sponsornya Telkom deh,.tapi meskipun gitu,telkomnya gak bener-bener masuk kedalam cerita juga.

Mungkin,pesan sponsor di serial Saras 008 mulai sedikit kentara ketika muncul superhero baru yaitu si Milkyman.Milkyman sendiri,itu yang nyeponsorin kalo gak salah adalah produk brand susu dan yang jadi pemeranya itu si mas Agung Hercules.Nah disini mulai deh,bisikan sponsor menguat.Meski terang-terangan,namun belum sebrutal sekarang yang langsung sebut merek.

Yah,intinya gue sendiri gak terlalu anti dengan iklan.Tapi para penyedia iklan mbok ya jangan nyerobot masuk ke acara.Kalo acaranya semua isinya iklan trus apa bedanya sama stasiun tv sebelah yang semuanya full iklan?(btw ngomong stasiun tv sebelah,gue jadi inget dulu juga ada stasiun tv yang nyampurin acara sama infomercial..tapi gue gak sebut ah,ntar marah :P)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Tokoh Pewayangan bernama Bagong

Kesan Mendalam Nonton Anime Trickster

Kesenian Daerah,Antara Hidup dan Mati